Dukunnya Motor Banter

Kumpulan Artikel artikel Motor Banter

Rabu, 27 Februari 2013

Spesial Rolling Speed Durasi Noken 280 Derajat


SPESIAL ROLLING-SPEED DURASI NOKEN 280 DERAJAT


Pada kesempatan kali ini, akan diinvestigasi rahasia dapur pacu MP4 berbasic Yamaha Jupiter Z yang juga meraih podium terbaik dalam Yamaha Cup Race 2012 Tasikmalaya (YCR 2012) tanggal 10 Juni silam. Sampai disini, jelas kandidat terkuat untuk menjuarai Motorprix 2012 dan YCR 2012.

“Tammy itu memang saya buat matang di pemula karena melalui tahapan mengikuti MP5 dan MP6, kemudian lanjut ke MP3 dan MP4. Karena skillnya baik dalam rolling speed, maka mekanik memfokuskan settingan pada RPM atas,“ ujar Sandy Agung, owner tim yang diback-up mekanik Agus Budi Susanto, akrab dipanggil Agus SND.

Ramuan durasi noken-as yang menembus angka 280 derajat. So, tergolong tinggi dibanding tim-tim lainnya. Sudut buka-tutup klep masuk dan buang saat sebelum dan sesudah TMA (Titik Mati Atas) dan TMB (Titik Mati Bawah) bermain pada angka 62 dan 38 derajat.

“Jadi proses membukanya lebih lama untuk mendukung pasokan gas aktif menuju ruang bakar, terlebih di putaran atas,“ tutur Agus SND yang menegaskan RPM bisa tembus 15 ribu dan safety dengan perbandingan kompresi 13,8 : 1 dengan memapas headcylinder 0,5 mm dan aplikasi piston TDR.

Camshaft tadi bekerja mengatur klep Sonic dengan dukungan per-klep Jepang dan kombinasi diameter 26 mm dan 23 mm (in dan ex) serta dipercaya bekerja dalam lift atau angkatan 9,1 mm.

Pada sisi lain, main-jet juga didesain dengan angka 165 yang mengedepankan momen top-speed. “Yang pasti harus berani rolling-speed. Racing-line harus tepat. RPM mesin digantung agar saat keluar tikungan tenaga atas lebih maksimal,“ timpal Tammy Pratama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Blogroll