Dukunnya Motor Banter

Kumpulan Artikel artikel Motor Banter

Senin, 12 November 2012

Tips Korek Noken As Sesuai Kebutuhan

Memilih noken as mungkin harus dipertimbangkan sesuai kebutuhan kita. Noken as merupakan paru-paru dari sepeda motor untuk menyesuaikan nafas sepeda motor. Jadi jika kamu berkeinginan untuk merubah atau ingin memodif noken as mu ada baiknya kamu pikirkan apa saja positif negatifnya untuk motor mu juga untuk keseharianmu.
noken as harianSeperti kita tahu korek noken as sangat signifikan sekali untuk meningkatkan performa motor. Apalagi untuk motor drag yang keseharianya cuma buat jaln 200 meter saja. Tapi apakah motor kita cukup berjalan 200 meter saja? Tidak bukan. Sekarang banyak beredar noken as racing buatan TDR , Kawahara ,TDH dll. Itu mungkin salah satu noken as yang bisa langsung plug in atau bisa langsung dipasang tanpa mengubah atau menggeser pengapian sepeda motor.
noken as harian
Sekarang banyak tuner yang mulai ahli dalam memapas,membuat lift noken (angkatan noken as) lebih tinggi. Jadi rata-rata rider lebih suka korek noken sendiri daripada beli produk racing noken as disamping harganya mahal juga tidak terlalu signifikan karena disetting untuk harian. Tapi beda dengan korek noken sendiri lift noken dan durasi noken ditentukan oleh keinginan sendiri. Tapi apakah cocok untuk semua tipe kendaraan , ketika kamu memilih model noken gemuk atau kurus , galak di RPM rendah atau tinggi, lift noken tinggi atau rendah patut dipertimbangkan.
noken as harianSebagai contoh Honda Supra 100 cc dan Supra x 125cc dari kedua motor tersebut jika sama-sama menggunakan noken gemuk maka supra 125 lah yang lebih bagus karena cc lebih besar tapi jika diaplikasikan ke supra 100cc lebih buruk karena motor ber cc kecil membutuhkan torsi besar karena stroke(langkah piston pendek)lebih panjang milik supra 125. Dan alasan lain juga motor yang bercc besar kompresinya pun lebih padat jadi noken as gemuk lebih cocok , untuk motor bercc kecil menggunakan noken as kurus mungkin torsi dan lift klep lebih dapat. Karena motor ber cc kecil lebih membutuhkan torsi yang besar dan durasi pendek untuk kenyamanan,keawetan motor .
Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal buat lah noken as mu sesuai kebutuhan jika motormu dibuat memang khusus untuk balapan ya sekalian saja full modif. Semua yang berlebihan itu hasilnya tak akan baik.

3 komentar:

  1. artikel yg bermanfaat mas, salam kenal dan sehobby.

    saya suka modif kem sendiri juga tapi mengabaikan bentuk kurus atau gemuknya,

    BalasHapus
  2. sepeda saya crypton sudah saya tune up 142 cc
    klep in 28 ex 24
    noken
    IN 15 + 180 + 53 = 248º
    Ex 50 + 180 + 15 = 245º
    lift 7.2 mm

    Overlap 30º
    LSA 108º


    #201m

    BalasHapus

Open Panel

Blogroll