Dukunnya Motor Banter

Kumpulan Artikel artikel Motor Banter

Rabu, 27 Februari 2013

Bebek Menggunakan Piston Tiger Merusak OFF SET Mengejar CC Besar


Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESARPatut dong mereka mendapat apresiasi !. Ya minimal diwadahi dalam satu kelas di arena drag bike. Macam bebek ekstreme atau sport ekstreme. Sayang kalau tak disalurkan, kesempatan tuner buat unjuk gigi jadi nggak ada, motivasi jadi hilang. Coba diadakan pertarungan kelas bebek extreme, pasti lebih ramai di setiap kompetisinya. Sebab, setiap zona tim drag berada selalu ada inovasi gila yang ditelurkan para tuner.
Paling baru kali ini inovasi Bondan dari Pendowo Joyo Motor di kawasan Putro Agung Kulon, Surabaya, dengan rancang bangun terbarunya berbasis Honda Legenda. Dicangkoki piston berdiameter 63 mm, tapi dalam pemakaian blok silinder dan silinder cop Bondan percayakan pada milik Mocin Garuda 110 cc. Panjang total blok silinder nya 78 mm.

Konsekuensi nya dua lubang dari keempat lubang bagian atas digeser naik 6 mm. Sebagai space makin membengkaknya diameter liner silinder yang kini menjadi 66 mm. Begitu juga dengan dua lubang bagian atas silinder cop, ikut dinaikkan 6 mm.

Hasil nya lubang bagian atas nya lepas dari daging diral silinder, sebagai gantinya Bondan hanya memakai daging diral buatan dan yang dibor ulang. Agar dudukan baut tusuk sate kuat menopang silinder cop, saat pengelasan Bondan memakai umpan diral crank case.

Pembenahan dudukan katup juga dilakukan, titik bushing katup in dinaikkan 9 mm dan titik bushing katup ex dinaikkan 2 mm. Peluang menaikkan katup ini juga diteruskan dengan penggantian katup dengan kepala 31 mm dan katup buang nya memakai 25,8 mm.

“Untuk ukuran diameter kepala katup nya nggak baku dan bisa diganti, asal titik bushing nya tetap berada pada tolerasi tapet atau stelan katup, ”terang Bondan.     

Dan diameter dalam crank case dijadikan 67 mm. Perubahan posisi keempat baut dudukan blok silinder dan silinder cop juga sama dengan blok silinder dan silinder cop dan cuman dua baut bagian atas nya yang dinaikkan 6 mm.

Dari segi kelayakan mekanis mesin memang akan menambah beban gesek dinding piston bagian bawah, sebab dipastikan silinder jatuhnya lebih diatas, dengan kemiringan 20 derajat. Gaya off set piston jadi kurang sempurna. Tak masalah hal ini juga disebabkan keterbatasan bahan part.

Bagaimana dengan nasib rantai camrat, dengan keberadaan posisi blok silinder lebih ke atas ? Karet roll sebagai tensioner rantai camrat harus mengaplikasi milik Honda C-90 dengan diameter lebih besar, agar tegangan yang dihasilkan tetap stabil. Sampai sejauh ini problem di blok silinder dan silinder cop masih nol, artinya riset dan experimen Bondan tergolong sukses.

Wah belum selesai, bagian as kruk Bondan juga berexperimen ! Sejatinya stroke Legenda yang cuman 49,5 mm dijadikan 55,5 mm, tapi tak lewat menggeser posisi big end. Tips nya ringkas, ia langsung gantikan dengan as kruk Honda Blade.

Diameter total daun as kruk nya 96 mm dan Legenda 91 mm. Sirip crank case wajib dibabat habis dari jarak 48 mm keliling, tersentral pada rumah bearing as kruk. Sip nya, bobot as kruk Blade lebih unggul, total nya 1,95 Kg. Wah detail banget nih datanya, wajib dikliping !

Masalah bearing, rumah bearing yang ada di as kruk mesti dijadikan 25 mm dari standar nya 22 mm, untuk mengikuti bearing as kruk Blade yang memakai jenis 6205 sama seperti yang dipakai F1Z dan Kaze. Jumlah peloran atau ball race ada 9, standar Legenda cuman 7 biji.

Dari segi vibra, ball race lebih banyak paling halus. Dari segi efesiensi gesek peloran 7 biji lebih bagus. “Tapi ini kan sudah bore up, as kruk wajib tahan dihajar kompresi extreme dari kapasitas mesin yang menjadi 172,9 cc, jadi bisa dikesampingkan masalah efesiensi gesek nya, ”saran Bondan.

Sekarang balik ke permasalahan dudukan komponen, sisi kiri as kruk Blade diameter nya 77 mm dan mesti dijadikan 73,5 mm mengikuti rotor magnet Legenda. Dari sisi panjang nya, as kruk kiri Blade lebih pendek 4 mm. Sehingga, rangkaian spul juga perlu digeser maju 4 mm. Wah detail banget nih datanya, wajib dikliping 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Blogroll