Jumpa lagi bung.....salam sejahtera bagi kita smua smoga kita slalu dalam lindungan gusti ingkang moho kuaos.
Kali
ini saya akan berbagi tentang korek harian jupiter 105cc taun 2005
kepunyaan mr.thole, sebetulnya korek harian ini menyesuaikan isi saku
yang punya motor....kebetulan ia adalah seorang karyawan
srabutan....mungkin kalo mr.thole g k bengkel saya trus menyambangi k
bengkel bengkel lain pastilah dibilangin...pengen motor kenceng kok g
modal....wuuuu......kerrreee........hhhhhh. lain halnya di bengkel mbah
dukun apapun keinginan konsumen kita terima lalu kita rundingkan bersama
agar dari segi biaya dan hasil yang didapet dari proses modifikasipun
optimal....alias murah....banter....hehehe....
Karna sebab itulah
kami menyarankan paket modif korek harian ala road race mp3 alias korek
lagu lagu musik.......wahhh........ngacau iki..........................
Hehehehe
maaf, maksud saya ya korek harian yang emang mengacu pada regulasi road
race kelas pemula tanpa banyak ubahan. Karna berhubung hampir smua
bahan ubahan ya dri spek standarnya jadi bisa diminimalisir biaya
modifikasinya. Mr.thole pun mengangguk angguk....dalam hati saya
berkata....bocah ki dong ora janjane tak kandani iki mau, kik malah
ketok pah..poh..lah..loh...mah ngeces meneh...njinjiki...ngreget
ngregeti nang kene ( orang ini tau gak to dengan pembicaraan ini, ko
malah jadi kliatan bodoh wajahnya...malah ngeces lagi...bikin kotor
aja).....hhhhhhh.......nggak ding becanda kok....biar ga pusing n
stresss ya bung thole.....hhhhhh.
Setelah sejenak ngobrol ngobrol
sambil ngopi,al akhirnya beres sudah pembicaraanya, diapun setuju dan
tak akan mengulangi perbuatanya mencuri jambu di rumah pak
dukuh.........wah g nyambung lagi ni, dasare yAng nulis blog ni rada
kacau hehehe......
Dil dengan ongkosnya dan segala ubahanya ia pun segera pamit....sampai jumpa mas.....
Esok
harinya motorpun kami bongkar...weh bodinya dibuka mlah kluar
kecoa...tikus...semut...segala rupa....wqh...wah...ini motor apa
miniatur bonbin tohhh.....hhhh
Kondisi klep bocor perlu skur
ni...item berjelaga...ternyata pistonyapun pistonya minta diganti juga
karna da oblak...lah gpp skalian aja....setekah smua dipreteli dan ukur
ukur serta memahami dan menghayati spek standarnya.......cie
ela...bahasanya itu lho....gak...gak...gak...kuat.....hhhhhh......
Akhirnya
saya bawa tu silinder head untuk di pasang klep in standar honda grand
ukuran 23mm dan klep out standar mio 20mm, knapa saya pilih klep klep
tersebut....karena panjang klep tersebut sama dengan klep aslinya dan
hanya butuh penyesuaian pada bosh klep yang hanya digedein 0.5mm agar
batang klep masuk, serta tentunya agar hemat biaya modif serta
mengoptimalkan pasokan udara segar kedalam mesin. Sitting klep
diperdalam skitar 1mm dan didapat jarak ubahan antar klep menjadi
3.5mm,hal ini bertujuan agar di dapat jarak renggang atau gap yang pas
sewaktu noken as di bubut agar bila dibuat overlap klep banyak gak
tabrakan ntu klep yang berakibat klep patah piston bolong dan mrembet
lainya karna mesin 4tak lebih kompak dari pada 2tak yang lbh simpel.
Porting
in saya perbesar mnjadi 22mm area boshing turut diubah dan jangan lupa
batang klep pda pangkal payung saya kecilkan untuk mengoptimalkan
masuknya gas segar kedalam mesin.port out menjadi 24mm,noken as saya
grinding agar didapat lifter 7.5mm pada keduany, dengan dikawal per klep
shogun 125 dan ring serta penguncinya tak luoa ganjal 2mm akan menjaga
harmonisasi ritme buka tutup baju miyabi.....hhhh syahhhh.....siang
siang jorok......buka tutup kedua klep tentunyA agar tidak floating saat
digeber di putaran tinggi, kelar dengan silinder kop, blok silinder
dijejali dengan piston jupiter z ov 100...jadi ketemu di 115cc, ga lupa
di tambal las almunium n dibubut dibuat dum sesuai dengn bentuk ruang
bakar yang baru, coak bagian atap piston biar g kejedot klep di beri
jarak lebih lg 1mm buat jaga jaga kalo klep memuai jadi
panjang...tegang...kencang.....kuat....wah makin ngacoo nih
critanya......hehehe kaya crita stensilan aja.
Selesai rakit
mesin kita stel karbu standarnya....mainin jarum jorok....eh....jarum
rojok....buat memperbesar bagian vitalnya......hohoho maksutnya besarnya
ukuran lubang spuyer....berhubung pengapian jupiter lama kaya vega
alias ac dan g ada limiternya...yaudah pake aja pengapian
standarnya....enak to...manteb to.....ngirit.....knalpot memakai
standarnya hanya ganti header atau gulu banyaknya diperbesar....suaranya
ngebas ngebas gimana gitcuuu.....hehehe......
Manteb bung gas pollllll............
Keep positif thingking biar tetep sehat dan terus berkarya.....modif.....hehehe
Dukunnya Motor Banter
Kumpulan Artikel artikel Motor Banter
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar