Seperti
kita tahu korek noken as sangat signifikan sekali untuk meningkatkan
performa motor. Apalagi untuk motor drag yang keseharianya cuma buat
jaln 200 meter saja. Tapi apakah motor kita cukup berjalan 200 meter
saja? Tidak bukan. Sekarang banyak beredar noken as racing buatan TDR ,
Kawahara ,TDH dll. Itu mungkin salah satu noken as yang bisa langsung
plug in atau bisa langsung dipasang tanpa mengubah atau menggeser
pengapian sepeda motor.
Sekarang banyak tuner yang mulai ahli dalam memapas,membuat lift noken
(angkatan noken as) lebih tinggi. Jadi rata-rata rider lebih suka korek
noken sendiri daripada beli produk racing noken as disamping harganya
mahal juga tidak terlalu signifikan karena disetting untuk harian. Tapi
beda dengan korek noken sendiri lift noken dan durasi noken ditentukan
oleh keinginan sendiri. Tapi apakah cocok untuk semua tipe kendaraan ,
ketika kamu memilih model noken gemuk atau kurus , galak di RPM rendah
atau tinggi, lift noken tinggi atau rendah patut dipertimbangkan.
Sebagai
contoh Honda Supra 100 cc dan Supra x 125cc dari kedua motor tersebut
jika sama-sama menggunakan noken gemuk maka supra 125 lah yang lebih
bagus karena cc lebih besar tapi jika diaplikasikan ke supra 100cc lebih
buruk karena motor ber cc kecil membutuhkan torsi besar karena
stroke(langkah piston pendek)lebih panjang milik supra 125. Dan alasan
lain juga motor yang bercc besar kompresinya pun lebih padat jadi noken
as gemuk lebih cocok , untuk motor bercc kecil menggunakan noken as
kurus mungkin torsi dan lift klep lebih dapat. Karena motor ber cc kecil
lebih membutuhkan torsi yang besar dan durasi pendek untuk
kenyamanan,keawetan motor .
Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal buat lah noken as mu sesuai
kebutuhan jika motormu dibuat memang khusus untuk balapan ya sekalian
saja full modif. Semua yang berlebihan itu hasilnya tak akan baik.
artikel yg bermanfaat mas, salam kenal dan sehobby.
BalasHapussaya suka modif kem sendiri juga tapi mengabaikan bentuk kurus atau gemuknya,
sepeda saya crypton sudah saya tune up 142 cc
BalasHapusklep in 28 ex 24
noken
IN 15 + 180 + 53 = 248º
Ex 50 + 180 + 15 = 245º
lift 7.2 mm
Overlap 30º
LSA 108º
#201m
Pke as klep dan per klep ap bg
BalasHapus